Kemendikbud Unggah Film Serial di Youtube untuk Edukasi Pendidikan Dasar


Kemendikbud Unggah Film Serial di Youtube untuk Edukasi Pendidikan Dasar.

JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan film serial inspiratif berjudul Murid5 yang bisa diakses secara langsung melalui platform Youtube, Rabu (8/6). Episode pertama dari total 17 episode serial Murid5 bisa disaksikan di Youtube dengan akun Murid5 Series.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen), Hamid Muhammad menerangkan, Murid5 merupakan serial inspiratif yang menceritakan perjuangan anak-anak dan masyarakat di Desa Mekar Jaya untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (SPM Dikdas) di wilayahnya.

"Film ini diharapkan mampu menunjukkan kepada masyarakat tentang kondisi pendidikan dasar khususnya sekolah-sekolah yang ada di berbagai wilayah tanah air," kata Hamid.

Film Murid5 juga diharapkan bisa mengingatkan pemerintah daerah tentang kewajiban yang harus mereka penuhi dalam standar pelayanan minimal. Standar pelayanan minimal sekolah, kata Hamid, memiliki 27 indikator, di mana 14 indikator di antaranya merupakan kewajiban pemerintah daerah.

"Sebanyak 14 indikator tersebut antara lain penyediaan guru, buku, sarana dan prasarana," ujar Hamid.

Hamid memaparkan, Film serial Murid5 menggambarkan sekolah-sekolah yang tak memenuhi layanan standar minimal sekolah. Film serial yang diluncurkan Tim Advokasi Program Pengembangan Kapasitas Penerapan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (PKP-SPM Dikdas) itu juga mendapat dukungan dari Kementerian Agama, Uni Eropa, dan ADB.

"Kita dapat mengikuti petualangan Murid5; Wati, Budi, Irma, Johni, dan Untung, dalam memperjuangkan SDN Mekar Jaya agar bisa memenuhi standar pelayanan minimal pendidikan dasar (SPM Dikdas) sehingga kegiatan belajar­-mengajar di sekolah tersebut bisa terus berlangs ung," kata Hamid.



Source


Related Posts To Kemendikbud Unggah Film Serial di Youtube untuk Edukasi Pendidikan Dasar


Kemendikbud Unggah Film Serial di Youtube untuk Edukasi Pendidikan Dasar Rating: 4.5 Posted by: Unknown

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts