Mengenal Echocardiography Bagi Kesehatan Jantung


JAKARTA - Echocardiography adalah salah satu alat penunjang medis untuk menilai fungsi dan anatomi jantung. Pemeriksaan tersebut menggunakan gelombang suara, dengan frekuensi tinggi yang dicitrakan ke dalam layar monitor untuk dinilai.

Organ jantung adalah organ yang berkontraksi terus menerus (60–100 X per menit). Kerja jantung sebagai fungsi pompa dipengaruhi oleh tekanan dan volume darah didalam jantung tersebut. "Alat Echocardiography dapat mendeteksi secara lengkap anatomi jantung, tekakan di dalam jantung dan volume darah secara terperinci," kata Cardiologist Rumah Sakit Jantung Diagram Siloam Hospitals Group, Dr. Sri Diniharini, SpJP, Senin (6/6).

Anatomi jantung adalah empat katup jantung, yakni katup mitral (katup yang berada diantara bilik dan serambi jantung kiri), katup tricuspid (katup yang berada di antara bilik dan serambi kanan), katup pulmonal dan katup aorta.

"Echocardiography dibutuhkan jika pasien dicurigai mengalami gangguan fungsi pompa j antung atau anatomi jantung (katup jantung) berdasarkan keluhan pasien, seperti; sesak nafas, berdebar atau nyeri dada, dan berdasarkan pemeriksaan fisik oleh dokter," kata Sri.

Pemeriksaan Echocardiography sangat penting dilakukan pada kelainan jantung bawaan pada bayi sampai dengan remaja untuk mencari kelainan anatomi jantung tersebut. Menurutnya, pemeriksaan Echocardiography hampir tidak beresiko dan biaya yang relatif terjangkau.

Pemeriksaan Echocardiography juga digunakan untuk mengevaluasi pengobatan dan melihat perbaikan kondisi pasien. Data-data yang diketahui dari pemeriksaan Echocardiography mempunyai nilai yang dapat memprediksi kondisi jantung sebelum timbul keluhan yang dirasa oleh pasien,

"sehingga dokter dapat memberi terapi lebih akurat, khususnya untuk pasien yang sudah terdiagnosa penyakit jantung," kata dia.


SourceDownload Musik Terbaru


Related Posts To Mengenal Echocardiography Bagi Kesehatan Jantung


Mengenal Echocardiography Bagi Kesehatan Jantung Rating: 4.5 Posted by: Unknown

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts