Indonesia Kembali Kirim Pasukan Perdamaian ke Kongo


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia merupakan salah satu negara yang ikut serta dalam misi perdamaian dunia bersama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Melalui  TNI, Indonesia setiap tahunnya ikut berperan dalam menjaga kedamaian dunia, salah satunya dalam konflik di Kongo.

Misi Perdamaian PBB di Kongo dinamakan Monusco (Mission de I'Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo). Rapot penanganan misi Indonesia dari tahun ke tahun dinilai sangat baik, dan diakui oleh masyarakat, Pemerintah Kongo, dan Markas Besar PBB di New York.

Melalui penilaian tersebut, hampir setiap tahunnya Indonesia mengirimkan satuan setingkat Kompi atas kesepakatan bersama PBB untuk melaksanakan misi perdamaian di Kongo. Kompi yang dikirim ke Kongo adalah Kompi Zeni TNI dengan Major Task atau Tugas Utama, yaitu membuat jalan, pemeliharaan lapangan terbang, dan Qick Task atau tugas-tugas yang lebih ringan dan cepat yang lain.

Melalui keterangan yang diterima Republika.co.id, Ahad (10/1), di akhir tahun 2015 sudah dibentuk Satuan Tugas Kompi Zeni TNI Konti ngen Garuda XX-M/Monusco untuk melaksanakan misi perdamaian di Kongo.

Kontingen Zeni TNI ini berjumlah 175 orang prajurit mayoritas berasal dari Yonzipur 8/SMG, sisanya beberapa personel dari berbagai satuan di Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Kontingen tersebut akan menggantikan kontingen Kompi Zeni TNI Konga XX-L yang saat ini berada di Kongo.

Letkol Czi Sriyanto, M.I.R, M.A, yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon Zipur 8/SMG, dipercayakan sebagai Komandan Satgas (Dansatgas) Kompi Zeni Konga XX-M/Monusco. Sebelumnya Letkol Czi Sriyanto menjabat di Spers TNI selama 3 tahun.

Sebelumnya Letkol Czi Sriyanto telah melakukan tugas-tugas diplomasi dengan pejabat Athan/Asisten/Staf mancanegara. Saat ini pun adalah kali ketiga Letkol Czi Sriyanto, dilibatkan dalam misi perdamaian PBB, yang salah satunya adalah juga di Kongo.


Related Posts To Indonesia Kembali Kirim Pasukan Perdamaian ke Kongo


Indonesia Kembali Kirim Pasukan Perdamaian ke Kongo Rating: 4.5 Posted by: Unknown

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts