Buka Kongres Guru Alquran, Mendikbud: Jaga Aqidah Anak


YOGYAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan membuka secara resmi Kongres Guru Alquran se-Indonesia yang digelar di Masjid Jogokaryan, Yogyakarta, Sabtu (30/4). Kongres berlangsung sejak Jumat (29/4) hingga Ahad (1/5).

Dalam sambutannya Mendiknas Anies Baswedan mengatakan pendidikan harus berorientasi ke masa depan dan bukan belakang. "Di negeri ini, murid atau siswa hidup pada saat ini yakni abad 21, sedangkan orang tua dan pendidiknya hidup pada abad 20, dan sekolahnya abad 21. Ketiga unsur in harus disatukan agar bisa memenangkan masa depan," ujarnya.

Mendiknas mengatakan, dalam pendidikan itu ada tiga pondasi utama yang harus dibangun. Ketiga pondasi penting ini adalah literasi, karakter, dan kompetensi. Literasi sendiri menurutnya dibangun dengan enam hal yaitu baca, tulis, hitung, sains, teknologi informasi, finansial, dan budaya.

Sementara  karakter atau akhlak meliputi karakter moral, dan karakter kinerja. "Karakter moral adalah anak y ang beriman, jujur, rendah hati. Sedangkan karakter kinerja adalah tanggung, inisiatif, dan tak mudah menyerah," katanya.

Kompetensi dibangun untuk menciptakan empat hal yaitu kemampuan kreativitas, berpikir kritis, kemampuan komunikasi dan kerjasama.  "Jadi jangan takut anak-anak kita menyongsong masa depan nanti. Jaga pondasinya atau aqidahnya, perbaiki karakter atau akhlaknya, dan tingkatkan potensinya. Pendidikan anak-anak kita adalah tanggung jawab kita selaku orang tua dan pendidik atau guru sekolah," ujarnya.

Mendiknas juga sangat mengapresiasi kongres guru Alquran Indonesia tersebut. Dia berharap kegiatan ini merupakan salah satu bagian dalam upaya mengokohkan pondasi pendidikan di Indonesia. Kongres guru Alquran se-Indonesia ini diikuti 500 guru alquran dari Badan Koordinasi Pendidikan Alquran dan Keluarga Sakinah Indonesia (BKPAKSI) dari 25 propinsi di Indonesia.

Baca juga, Mendikbud: Perpustakaan Kita Banyak Tapi tak Ada yang Baca.[1]

References

  1. ^ Perpustakaan Kita Banyak Tapi tak Ada yang Baca. (nasional.republika.co.id)


Download NowSource



Related Posts To Buka Kongres Guru Alquran, Mendikbud: Jaga Aqidah Anak


Buka Kongres Guru Alquran, Mendikbud: Jaga Aqidah Anak Rating: 4.5 Posted by: Unknown

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts