Mitsubishi Dituding Lakukan Penipuan Konsumsi Bahan Bakar


OKAZAKI -- Otoritas Jepang menggerebek sebuah fasilitas milik Mitsubishi Motor Corps pada Kamis (21/4). Penggerebekan yang dilakukan di pabrik di Okazaki, Jepang ini dilatarbelakangi adanya dugaan Mitsubishi melakukan kecurangan terhadap data konsumsi bahan bakar. Kecurangan ini diduga melibatkan 625 ribu unit mobil.

Saham Mitsubishi pada Kamis sempat turun drastis akibat penggerebekan ini. Penggerebekan membawa kekhawatiran tentang potensi denda maupun biaya kompensasi yang mungkin dialami Mitsubishi. Saham anjlok dalam level paling rendah sejak satu dekade lalu. Tak tanggung-tanggung, saham kehilangan sepertiga nilainya atau sekitar 2,5 miliar dalam dua hari terakhir.

Otoritas Jepang menyebut skandal yang melibatkan Mistubishi ini termasuk katagori 'sangat serius'. Dugaan skandal ini terungkap setelah Nissan Motor memasarkan model yang diproduksi oleh Mitsubishi. Dalam model itu ditemukan perbedaan data dalam uji konsumsi bahan bakar. Skandal ini mempengaruhi dua mo del yakni Mitsubishi eK mini-wagon dan Nissan's Day. Atas skandal ini, perusahaan mengatakan akan menghentikan penjualan kedua model tersebut.

Analis otomotif dari JPMorgan Akira Kishimoto mengatakan kecurangan ini bisa berdampak ekonomi hingga 50 miliar dolar AS terhadap keuangan perusahaan. Nilai ini sudah termasuk biaya kompensasi untuk konsumen serta kompensasi terhadap Nissan.

Reuters melaporkan, sejauh ini mobil yang diduga terlibat skandal hanya dijual di Jepang. Namun, hal ini bisa jadi membawa dampak lebih jauh. Departemen Perhubungan Jepang telah memerintahkan perusahaan menyerahan laporan lengkap mengenani data konsumsi bahan bakar dalam kurun waktu sepekan sejak penggerebekan.

"Selain biaya skandal, efek lanjutannya terhadap penjualan di seluruh dunia akan sangat besar," ujar Kishimoto.

Mitsubishi merupakan produsen asal Jepang pertama yang dilaporkan melakukan kecurangan setelah produsen asal Jerman Volkswagen (VW) terlibat dalam skandal emosi diesel di AS. VW diduga menggunakan perangkat lunak yang mampu memanpulasi emisi gas buang yang dihasilkan. Atas tuduhan ini, VW terpaksa harus menarik hampir 500 ribu mobil diesel.


Source → Mitsubishi Dituding Lakukan Penipuan Konsumsi Bahan Bakar


Related Posts To Mitsubishi Dituding Lakukan Penipuan Konsumsi Bahan Bakar


Mitsubishi Dituding Lakukan Penipuan Konsumsi Bahan Bakar Rating: 4.5 Posted by: Unknown

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts